EventHeadlineNews

Di Luar Empat Madzhab, Rawan Tidak Valid

Bahas madzab: KH Marzuki Mustamar memberi kajian di Masjid Halal Bumiayu, Kedungkandang, Kota Malang, Ahad malam (17/3/2024)

MALANG – (18/3/2024) Ulama Indonesia sebenarnya sangat alim. Seperti KH Hasyim Asyari yang hapal puluhan ribu hadits. Namun beliau masih saja bermadzhab. Kenapa begitu? Karena empat madzhab tersebut ajarannya bersanad ke Rasul yang disertai dengan karya tulisnya. Sementara madzhab lain tidak punya data valid karena tidak ada bukti tertulis.

“Karena itulah alasan kenapa NU mengajak bermadzhab khususnya ke Imam Syafii, ” terang KH Marzuki Mustamar dalam acara Safari dan Pencerahan Ramadan di Masjid Halal, Bumiayu Kota Malang, Ahad malam.

Dalam kesempatan itu. mantan ketua PWNU Jatim tersebut membeberkan, dalam tradisi MU mengaji kepada guru yang benar ini supaya jangan sampai salah. Karena di NU mengaji menggunakan kitab yang ditashih oleh para guru-gurunya. Sehingga potensi kesalahan pemahaman sangat kecil. “Buktinya apa yang disampaikan Imam Syafii sampai saat ini tidak berubah. Karena ada bukti otentik lewat tulisan, ” tandas pengasih PP Sabilurrosyad Gasek ini.

Di sisi lain Imam Syafii juga ahli bahasa. Sehingga Imam Syafii menguasai bahasa sastra Arab yang mendalam. Sehingga memahami detail makna tersembunyi dari Alquran dan hadits. Dari situlah madzhab Syafii yang dijadikan pegangan NU diyakini sangat kuat dasar hukumnya. (ltn)

NU MUDA

Lembaga Ta'lif wan Nasyr PCNU Kota Malang

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button