EventHeadline

Membaca Al-Qur’an, Amalan Yang Paling Disarankan Dalam Bulan Ramadhan

MALANG – Memasuki hari kelima dari puasa Ramadhan 2023, kegiatan Pencerahan Ramadhan PCNU digelar di masjid Halal Bumiayu Malang, tepatnya pada Senin, 27 Maret 2023. Hadir dalam acara ini jajaran pengurus Rois Syuriah Drs. KH. Chamzawi dan Prof. Dr.Kasuwi Saiban serta jajaran Tanfidziyah Wakil Ketua H. Mujib, Wakil Sekretaris M. Sugeng Winarto dan Wakil Bendahara H. Ach. Suhardi serta pengurus MWC NU Kedung Kandang dan PR Bumiayu Kota Malang.

Lima hal dasar Ibadah yang diajarkan dalam agama Islam. Lima hal tersebut antara lain mengucapkan dua kalimat syahadat, melaksanakan salat, melaksanakan puasa, membayar zakat, dan pergi haji (bagi yang mampu).

Rois Syuriah Nahdlatul Ulama kota Malang, Drs. KH. Chamzawi, bertindak menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut. Kali ini tema yang diangkat adalah seputar keutamaan Ramadhan. Dalam paparannya, KH. Chamzawi menjelaskan bahwa Ramadan adalah bulan istimewa bagi semua umat Muslim. Ada banyak keutamaan bulan Ramadan yang membuatnya spesial dan berbeda dengan bulan lainnya.

Selama bulan Ramadhan, seseorang akan belajar tentang banyaknya kesabaran, empati, pengendalian diri, berbagi kebaikan, dan banyak hal positif lain. Amalan yang dilakukan juga diganjar dengan pahala dan keberkahan yang berlimpah.

Sehingga jika amalan-amalan tersebut terbangun menjadi kebiasaan yang bisa dilakukan di bulan-bulan lainnya, seseorang disebut telah meraih berkah dan keutamaan bulan Ramadan. Setelah mengetahui hikmah puasa, mari kita ketahui juga berbagai macam keistimewaan yang dimiliki oleh bulan Ramadhan, yang menjadikannya berbeda dengan bulan-bulan lainnya.

Lebih jauh Drs. KH. Chamzawi menjabarkan amalan-amalan yang seyogyanya dilakukan di bulan Ramadhan. Menurutnya, amalan yang paling disarankan untuk dilakukan adalah memperbanyak dan meningkatkan Ibadah dengan membaca dan menghafalkan al-Qur’an serta mengamalkannya. Karena dengan mengamalkan ini tak hanya membuat kita semakin dekat dengan sang pencipta dan mendatangkan pahala, ini juga bisa membuat kita menjadi pribadi yang dimuliakan Allah SWT.

Ratusan warga Nahdliyin dari tingkat MWCNU hingga Ranting NU se-kota Malang turut hadir menyimak dan mengikuti kegiatan Pencerahan Ramadhan dengan khusyuk dan penuh khidmat.

NU MUDA

Lembaga Ta'lif wan Nasyr PCNU Kota Malang

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button