EventHeadline

Bukti Komitmen Membangun Kebersamaan, PCNU Kota Malang Jadi Tujuan Napak Tilas

MALANG – Kesadaran untuk mempererat kebersamaan serta membangun kehidupan bersama yang rukun dan toleran penting untuk terus diupayakan. Salah satunya melalui studi banding, live in, dan napak tilas.

Senin (18/3/2023), PCNU Kota Malang menerima kunjungan napak tilas yang dilakukan oleh mahasiswa Pascasarjana Fakultas Teologi Universitas Kristen Setya Wacana (UKSW) Salatiga di Kota Malang.

Pdt. Gunawan Yuli Agung Suprabowo, D.Th selaku dosen pendamping menyebut kegiatan ini merupakan bagian dari proses perkuliahan bagi mahasiswa tiap tahunnya.

“Malang menjadi tujuan di tahun ini setelah sebelumnya hanya di sekitaran Salatiga saja. Padahal di Malang banyak sekali komunitas lintas iman yang bergerak aktif dan dinamis,” imbuh Koordinator Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni tersebut

Selain Pdt. Gunawan, turut mendampingi kegiatan tersebut adalah Romo RD. Josephus Cuperano Eko Atmono dan Romo Ignasius Adam Suncoko Pr dari Keuskupan Malang. Adapun dari pihak PCNU Kota Malang disambut oleh Dr. Mohammad Mahpur selaku Wakil Ketua Tanfidziyah.

Mahpur menyampaikan bahwa sudah sangat tepat jika PCNU Kota Malang menjadi salah satu tujuan napak tilas. Sebagai pihak yang terlibat dalam proses dialog lintas agama, banyak tokoh NU Kota Malang yang tercatat sebagai inisiator lahirnya Forum Komunikasi Antarumat Beragama Malang (FKAUB). Bahkan, saat ini ada beberapa pengurus aktif PCNU Kota Malang yang menjadi anggota Forum Komunikasi Umat Beragama Malang (FKUB) Pemerintah Kota Malang.

“Peran penting PCNU tidak semata simbolis dalam menjalin hubungan yang menyeimbangkan. Lebih dari itu, juga menjadi bagian yang diharapkan oleh berbagai agama untuk terlibat aktif dalam memperjuangkan kebersamaan serta kehidupan yang damai bagi umat manusia,” tegas alumnus Program Doktor Ilmu Psikologi UGM Yogyakarta tersebut.

Mahpur juga didampingi oleh Abdur Rahim selaku Sekretaris Lakpesdam NU dan Ponari Abdul Hadi. Sebagai hadiah dari PCNU, para tamu dari Salatiga mendapatkan tiga buku terbitan Lakpesdam NU Kota Malang. ketiga buku tersebut antara lain:
“Kurikulum Muatan Lokal Berbasis Toleransi dan Kerukunan di Kota Malang” (2021), “Panduan Etika Kerukunan Umat Beragama” (2021), “Menjadi Penggerak Perdamaian Malang Kota Toleran dan Rukun : Modul Pelatihan Kader Damai Tingkat Kecamatan dan Kelurahan Kota Malang” (2021).

NU MUDA

Lembaga Ta'lif wan Nasyr PCNU Kota Malang

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button