LKNU Dan RMI-NU Berkolaborasi, Lakukan Edukasi PHBS Pada Santri

MALANG – Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) bekerjasama dengan Robithathul Maahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI-NU) kota Malang mengadakan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) bagi santri di Pondok Pesantren Alfadloli Malang pada Ahad, 20 November 2022. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menciptakan hidup sehat bagi para santri.

Kegiatan ini dirangkai dalam bentuk beberapa aktivitas. Diantaranya, seminar tentang edukasi PHBS dan pemeriksaan kesehatan. Peserta yang terdiri dari para santri diperiksa kesehatannya dan diberi edukasi tentang hidup sehat.

Seminar diisi langsung oleh Ketua LKNU, dr. Dian Suprodjo, Sp.THT. Dalam paparannya, Dian Suprojo mengajak para santri untuk memperhatikan hidup sehat. Dengan berangkat dari kebiasaan yang remeh, misalnya saat batuk, seorang santri harus bisa menutup dengan tangan dan baca doa. Hal yang lain adalah jangan membiasakan diri untuk memakai peralatan mandi milik orang lain, seperti saling tukar sikat gigi dan lain-lain.

Sementara itu dr. Syifa Mustika, Sp.PD, KGEH. selaku sekretaris LKNU saat ditemui menegaskan bahwa kegiatan PHBS ini bukan satu-satunya. Ada juga kegiatan pemeriksaan kegiatan bagi santri. Bahkan dalam jangka panjang juga akan dilakukan pemeriksaan status gizi santri.

“Tujuan kegiatan ini adalah menghasilkan santri yang sehat sehingga tercipta lingkungan hidup santri yg sehat. Menciptakan santri sebagai kader yg bisa mempengaruhi orang sekitar untuk bisa menciptakan hidup sehat bagi lingkungan,” tegasnya.

Lebih jauh, kedepan dr. Syifa Mustika, Sp.PD, KGEH. berharap bahwa kegiatan tidak berhenti sampai di sini. Di masa mendatang, ia menginginkan ada data base status gizi dan kesehatan santri.

“Tidak berhenti sampai sini saja. Nanti harus bisa dirancang data base gizi dan kesehatan santri,” imbuhnya.

Harapan yang sama juga disampaikan oleh Dr. Halimi M.PD. Ketua RMI asal Madura ini juga berharap bahwa santri tidak saja belajar kitab kuning, tetapi juga harus mengerti tentang hidup sehat dan bagaimana menjalani hidup sehat secara benar.

“Kita berkolaborasi dengan LKNU untuk menumbuhkan kesadaran hidup sehat bagi santri, biar tidak belajar agama saja,” ujarnya.

Kegiatan kolaboratif ini menghadirkan para dokter dan tenaga kesehatan muda Nahdlatul Ulama kota Malang, mulai dari dokter umum hingga spesialis, dari perawat hingga ahli gizi. Ratusan santri tampak mengikuti kegiatan ini dengan khidmat dan penuh antusias.

Author

Lihat Juga

PCNU Kota Malang Lakukan Koordinasi Persiapan Resepsi Satu Abad NU

MALANG – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Malang menggelar rapat koordinasi persiapan mengikuti acara resepsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: