EventHeadline

RMI PCNU Kota Malang Adakan Expo, Kenalkan Keunggulan Pesantren

MALANG (25 Mei 2023) – Rabithah Ma’ahid Al-Islamiyah (RMI) bekerja sama dengan MA’had Al-Jamiah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berhasil menyelenggarakan Expo Pengenalan Pesantren Kota Malang yang mengundang perhatian besar dari masyarakat dan mahasiswa. Acara yang berlangsung di Student Center (SC) UIN Malang pada hari ini menampilkan pesantren-pesantren terkemuka di kota ini.

Dalam sambutan pembukaan, Ketua Panitia Pelaksana, Gus Faroidusy Syauqi Ahmad Z, mengucapkan terima kasih kepada pondok-pondok pesantren Kota Malang yang telah bekerjasama dengan baik untuk memastikan suksesnya Expo Pesantren. Expo kali ini disusun dengan sangat teratur dan melibatkan berbagai sponsor yang mendukung acara ini.

Tak hanya itu, Ketua RMI, Dr. KH. Halimi Zuhdy, juga memberikan pesan penting dalam sambutannya. Beliau menekankan pentingnya kolaborasi antara pesantren-pesantren yang berada di bawah naungan RMI. Menurutnya, pesantren-pesantren yang memiliki prestise tinggi dan keunggulan harus saling berbagi ilmu dengan pesantren lainnya. RMI berkomitmen untuk terus mendorong pesantren-pesantren di Kota Malang agar dapat menyebarkan kegiatan, program unggulan, dan berbagai kegiatan lainnya. Melalui Expo ini, masyarakat dapat melihat kekhasan masing-masing pesantren, membuktikan bahwa pesantren di Malang memiliki beragam keunggulan, mulai dari pondok tahfidz, pondok kitab kuning, pondok literasi, hingga pondok berwirausaha.

Selanjutnya, Mudir Ma’had Al-Jamiah, Dr. KH. Badruddin Muhammad, menyampaikan pentingnya peran pesantren dalam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Beliau mengajak para mahasiswa yang lulus dari UIN, terutama, untuk melanjutkan ke pesantren. Menurutnya, pesantren memiliki kekhasan yang berbeda dengan lembaga pendidikan lainnya, dan para kyai di masa lalu adalah pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Acara ini juga melibatkan pengurus pesantren yang memaparkan kegiatan, keunggulan, visi dan misi pesantren mereka, serta lulusan pesantren yang telah berhasil meraih prestasi di berbagai bidang. Peserta acara sangat antusias menyambut Expo Pengenalan Pesantren Kota Malang. Wardah, mahasiswi UIN Malang, menyatakan rasa terbantu yang sangat besar karena acara ini memberikan gambaran yang jelas tentang pesantren setelah ia lulus dari sekolah atau kampus. Syafi’i, mahasiswa Fakultas Ekonomi, mengungkapkan kegembiraannya atas acara ini dan menyatakan bahwa Expo Pengenalan Pesantren Kota Malang sangat bermanfaat baginya untuk lebih mengenal pesantren secara mendalam dan menyadari keunikan setiap pesantren.

Tidak hanya itu, Expo Pengenalan Pesantren Kota Malang juga menjadi ajang yang memperkuat keterhubungan antara pesantren dengan masyarakat dan dunia usaha. Sejumlah UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) turut ambil bagian dalam acara ini, menawarkan produk dan jasa mereka kepada para pengunjung. Kolaborasi antara pesantren dan dunia usaha ini menciptakan peluang bagi pesantren untuk mengembangkan inisiatif berwirausaha dan memberdayakan santri dalam aspek ekonomi.

Terdapat berbagai program menarik yang ditampilkan dalam Expo ini. Pesantren-pesantren mengadakan pameran dan demonstrasi kegiatan-kegiatan unggulan mereka, mulai dari pembelajaran tahfidz Al-Qur’an, pengajaran kitab kuning, literasi, hingga kegiatan berwirausaha. Pengunjung Expo juga memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan pengurus pesantren dan santri, bertukar pikiran, dan mendapatkan informasi lebih lanjut tentang pesantren yang mereka minati.

Dalam acara ini, juga diadakan diskusi dan seminar tentang peran pesantren dalam membangun karakter, pendidikan agama, dan kontribusinya dalam pembangunan sosial dan kebudayaan. Para kyai, ahli pendidikan, dan tokoh agama menjadi narasumber dalam diskusi ini, memberikan wawasan yang berharga bagi peserta acara.

Expo Pengenalan Pesantren Kota Malang ini telah mencuri perhatian publik dan menjadi sorotan media lokal. Banyak media massa yang meliput acara ini, memberikan liputan yang luas tentang kegiatan dan keunikan pesantren-pesantren yang terlibat. Melalui pemberitaan ini, Expo Pesantren Kota Malang semakin dikenal oleh masyarakat luas, dan kekayaan pesantren di Malang semakin terangkat.

Dengan suksesnya Expo Pengenalan Pesantren Kota Malang, diharapkan akan semakin banyak pemahaman dan apresiasi terhadap pesantren sebagai lembaga pendidikan dan pusat pengembangan nilai-nilai keislaman. Acara ini menjadi wadah yang bermanfaat bagi para peserta untuk memperluas pengetahuan mereka tentang pesantren dan menginspirasi generasi muda untuk menjadikan pesantren sebagai pilihan dalam meniti karir dan pengembangan diri.

Expo Pengenalan Pesantren Kota Malang telah membuktikan bahwa pesantren memiliki peran penting dalam membangun masyarakat yang berakhlak mulia, berkualitas, dan berdaya saing. Diharapkan, kegiatan serupa akan terus dilaksanakan di masa depan untuk terus mengangkat dan memperkuat peran pesantren dalam pembangunan bangsa.

NU MUDA

Lembaga Ta'lif wan Nasyr PCNU Kota Malang

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button