EventHeadlineNewsWarta

Jelang Ramadhan, PCNU Kota Malang Adakan Ziarah ke Para Mua’ssis-Masyayikh NU

MALANG – (4/3/2024) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Malang melaksanakan tradisi ziarah ke makam para muassis dan masyayikh NU pada Ahad, 3 Maret 2024. Rombongan yang terdiri dari segenap pengurus dan warga Nahdliyin, dipimpin oleh H. Choirul Arif, S.Ag. dan Ir. H. Achmad Suhardi dari PCNU.

Ziarah dilakukan ke makam tujuh tokoh penting, antara lain, Mbah Sayyid Sulaiman (Mojoagung Jombang), Mbah Wahab Hasbulloh (Tambakberas), Mbah Bisri (Denanyar), Mbah Hasyim Asy’ari (Tebuireng), Mbah Mukhtarom (Ngoro), Mbah Abd. Mursyad (Kediri), dan Gus Miek (Tambak Mojo Kediri). Kegiatan ini menunjukkan komitmen PCNU Kota Malang dalam menjaga dan merawat nilai-nilai tradisional keagamaan serta menghormati jasa para tokoh NU.

Sebelumnya, rombongan ziarah dilepas oleh Ketua PCNU Kota Malang, Dr. KH. Isroqunajah, M.Ag. usai pengajian Ahad pagi di kantor PCNU Kota Malang Jl. KH. Hasyim Asy’ari 21. Dalam sambutannya, laki-laki yang akrab disapa Gus Is mengatakan bahwa ziarah kali ini merupakan tradisi warga Nahdliyin yang sudah seharusnya dilakukan.

“Ini sudah menjadi ajaran dan tradisi warga Nahdliyin, lebih-lebih menjelang bulan puasa,” ucapnya.

Dalam ziarah ini, para peserta diajak untuk membaca Yasin dan tahlil untuk para tokoh yang telah berjasa besar yang telah berjasan dalam pendirian Nahdlatul Ulama. H. Choirul Arif, S.Ag., selaku perwakilan pengurus PCNU Kota Malang, menyampaikan bahwa kegiatan ziarah ini bukan hanya sebagai bentuk penghormatan kepada para muassis dan masyayikh NU, tetapi juga sebagai upaya untuk meneladani semangat dan nilai-nilai yang mereka wariskan, serta ngalap barokah.

Melalui kegiatan ziarah ini, PCNU Kota Malang berupaya untuk menjalankan peran dan tanggung jawabnya sebagai lembaga sosial-keagamaan yang berkontribusi dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai keislaman di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi momen untuk memperkuat kebersamaan dan solidaritas antarwarga Nahdliyin di Kota Malang. [aii]

LTN-NU Kota Malang

Lembaga Ta'lif wan Nasyr PCNU Kota Malang

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button