EventHeadline

Siaran Pers LPBH NU Kota Malang atas tragedi wafatnya ratusan supporter AREMA di Stadion Kanjuruhan 1 Oktober 2022

MALANG– Innalillahi wa inna ilaihi rojiuun. LPBHNU Kota Malang mengucapkan simpati dan rasa duka yang mendalam atas wafatnya ratusan supporter AREMA warga Malang Raya karena tragedi di Stadiun Kanjuruhan pada malam tanggal 1 Oktober 2022.

Tercatat hingga rilis ini dibuat, ada 153 orang yang meninggal dunia akibat tragedi tersebut yang merupakan korban terbesar dalam sejarah sepakbola di Indonesia dan kedua di dunia. Jumlah korban bisa bertambah sesuai dengan update data terbaru.

Mencermati hal tersebut, Ketua LPBHNU Kota Malang Fachrizal Afandi, S.Psi., SH., Ph.D mendesak beberapa hal yang dianggap penting, yakni:
1. Agar dilakukan pengusutan secara tuntas ketidak profesionalan pelaksanaan penyelenggaran pertandingan sesuai ketentuan perundang-undangan utamanya UU 11/2022 tentang keolahragaan dan aturan lain yang mewajibkan penyelenggara menjamin dan mempersiaplan mitigasi terhadap keamanan dan keselamatan setiap orang yang hadir dalam pertandingan.
2. Agar melakukan pemeriksaan secara menyeluruh keterlibatan aparat keamanan yang secara represif dan tidak tepat menggunakan gas air mata dalam pengendalian suporter yang secara tegas dilarang dalam pasal 19 “FIFA Stadium Safety and Security Regulations”
3. Agar dilakukan penyelidikan dan penyidikan secara tuntas dan transparan sebab utama dari meninggalnya ratusan suporter sehingga dapat ditemukan siapa orang yang bertanggung jawab atas hilangnya nyawa ratusan supporter ini.
4. Agar warga Nahdliyyin melakukan sholat ghoib kepada ratusan korban yang wafat akibat tragedi kemanusiaan di Malang Jawa Timur ini.

LTN-NU Kota Malang

Lembaga Ta'lif wan Nasyr PCNU Kota Malang

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button