Tahlil Akbar 40 Hari Tragedi Kanjuruhan Jadi Agenda PBNU

Rapat Tim Posko Terpadu PBNU untuk Tragedi Kanjuruhan bersama PBNU di Kantor PCNU Kota Malang, Ahad (9/10/2022).
Rapat Tim Posko Terpadu PBNU untuk Tragedi Kanjuruhan bersama PBNU di Kantor PCNU Kota Malang, Ahad (9/10/2022).

MALANG — Tim Posko Terpadu PBNU untuk Tragedi Kanjuruhan menggelar rapat koordinasi bersama PBNU di Kantor PCNU Kota Malang, Jl. KH Hasyim Asy’ari 21 Malang, Ahad (9/10/2022).

Rapat yang dimulai pukul 14.00 WIB dan dilakukan secara hybrid ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf secara daring.

Gus Ipul, begitu sapaan akrabnya, menyampaikan amanat Ketua Umum PBNU, KH. Yahya Cholil Staquf, agar memberikan bantuan jangka pendek, menengah, dan panjang bagi para korban Tragedi Kanjuruhan.

“Ketua Umum PBNU, juga mengamanatkan agar mengadakan acara tahlilan 40 hari bagi para almarhum tragedi kanjuruhan baik secara daring, luring, maupun hybrid,” tutur Walikota Pasuruan ini.

Rapat Tim Posko Terpadu PBNU kali ini dihadiri KH Ahmad Fahrur Razi (Penanggung Posko Terpadu/Ketua PBNU), KH Hamim Kholili (Ketua Posko Terpadu Bidang Data dan Santunan/Ketua PCNU Kabupaten Malang), dan KH Isroqunnajah (Ketua Posko Terpadu Bidang Crisis Center/Ketua PCNU Kota Malang). Hadir pula para pengurus harian PCNU Kota dan Kabupaten Malang.

Rapat koordinasi agenda Posko Krisis Center PBNU, dilakukan secara Hybrid
Rapat koordinasi agenda Posko Krisis Center PBNU, dilakukan secara Hybrid

Rapat antara lain membahas teknis pemberian santunan bagi korban yang luka ringan atau berat. Untuk wilayah Kabupaten Malang, santunan akan diberikan oleh PCNU Kabupaten Malang. Untuk yang berdomisili di Kota Malang dan Kota Batu akan diberikan oleh PCNU Kota Malang. Adapun untuk korban-korban dari wilayah lain akan diberikan oleh PCNU Kota Malang melalui PWNU Jatim.

Bantuan untuk korban yang membutuhkan pendampingan trauma healing juga dibahas dalam rapat hai ini. Pengurus LKNU PBNU, dr Syifa, menyampaikan, korban dari Kota Malang bisa langsung menuju posko krisis center yang ada di Kota Malang, tepatnya di Jl. KH Hasyim Asy’ari 21.

Untuk para korban di Kabupaten Malang, tim rencananya akan mendatangi rumah mereka, supaya kesehatan mental mereka segera bisa pulih.

Sementara itu, koordinator bidang data, Yusuf Azwar Anas, melaporkan jumlah korban meninggal yang sudah tervalidasi ada 130 orang. Rinciannya, dari Kabupaten Malang 70 orang, dari Kota Malang 30 orang, dan daerah lain ada 30 orang.

Selain pematangan pendataan, rakor juga menyiapkan tahlil akbar pada 40 hari tragedi Kanjuruhan. Tahlil akan dilaksanakan di Kabupaten Malang dan Kota Malang.

Tim Posko Terpadu PBNU akan melakukan rapat lagi pada tanggal 14 Oktober 2022. Rapat yang akan berlangsung di kantor PCNU Kabupaten Malang itu akan melakukan sejumlah evaluasi lanjutan. [ADH]

Authors

Lihat Juga

PCNU Kota Malang Lakukan Koordinasi Persiapan Resepsi Satu Abad NU

MALANG – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Malang menggelar rapat koordinasi persiapan mengikuti acara resepsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: