EventHeadline

Semarak Satu Abad, NU Kota Malang Gelar Halaqoh Ilmi dan Ijazah Kitab

MALANG – Menjelang Resepsi Satu Abad Nahdlatul Ulama yang akan digelar awal Februari nanti, PCNU Kota Malang telah menyiapkan berbagai kegiatan. Dimulai dari kirab Panji NU, car free day (CFD), lomba-lomba, barisan jalan sehat, pemasangan bendera di sepanjang jalan, halaqoh ilmi, hingga ijazah kitab.

Sebagaimana hari ini, Kamis (12/01/2023), PCNU Kota Malang melalui Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia bersama-sama dengan Ikatan Santri Alumni Salafiyah Syafi’iyah (IKSASS) Malang Raya menyeleanggarakan Halaqoh Ilmi dan Ijazan Kitab Ratibul Haddad dan Syawariqul Anwar.

Kegiatan diselenggarakan di Aula Lt. 3 Gedung PCNU Kota Malang dan dihadiri oleh KH. Raden Achmad Azaim Ibrahimy serta beberapa tokoh dan ulama NU, diantaranya KH. Chamzawi Syakur (Rais Syuriah PCNU Kota Malang), KH. Mohamad Nafi (Rais Syuriah PCNU Kota Malang), KH. Kasuwi Saiban (Wakil Rais Syuriah PCNU Kota Malang), KH. Athokillah Wijayanto (Wakil Katib Syuriah PCNU Kota Malang), Ust. Abdulla Zainur Rouf (Katib Syuriah PCNU Kota Malang), KH. Achmad Shamton Masduqi (Wakil Rais Syuriah PCNU Kota Malang), KH. Faris Khoirul Anam (Musytasyar PCNU Kota Malang), Dr. M. Faisol Fatawi (Sekretaris PCNU Kota Maang), dan masih banyak tokoh lainnya.

Dalam keterangannya, M. Faisol Fatawi menyebut bahwa pelaksanaan kegiatan ini merupakan kolaborasi antara PCNU Kota Malang dengan elemen masyarakat termasuk jaringan alumni pesantren. Karena, Satu Abad NU betul-betul harus dirasakan oleh umat serta dirayakan bersama umat.

“Acara semacam ini sangat penting. Inilah NU, yang sangat mementingkan majelis ilmu dan sanad dalam tradisi ilmu pengetahuan kita. Satu Abad kami kemas dengan kegiatan semacam ini, selain juga kegiatan-kegiatan seremonial yang lainnya.”

Sementara itu, KH. Mohamad Nafi dalam sambutannya menegaskan bahwa acara hari ini (halaqoh ilmi dan ijazah sanad) sangat penting menginat ijazah itu berkaita dengan pertanggungjawaban, juga sebagai personal garansi dalam bentuk sanad keilmuan.

“NU bisa bertahan hingga hari ini, menjelang satu abad, salah satunya karena ada garansi dari para ulama terdahulu hingga sekarang yang nyambung kepada Rasulullah SAW.”

Perhelatanan halaqoh ilmi dan ijazah kitab ini dimulai sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB dan dihadiri oleh kurang lebih 200 jamaah.

NU MUDA

Lembaga Ta'lif wan Nasyr PCNU Kota Malang

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button