EventHeadline

LPPNU Kota Malang Inisiasi Sekolah Lapangan Pertanian

MALANG – Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdhatul Ulama (LPP NU) Kota Malang menggelar Sekolah Lapang Pertanian Perkotaan pada Sabtu, 1 April 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Roudlatul Jannah Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru.

Kegiatan Sekolah Lapangan Pertanian Perkotaan ini merupakan inisisasi LPP NU Kota Malang dalam upaya memberdayakan rumah tangga dalam menghasilkan buah-buahan sendiri di rumah masing-masing. Melalui kegiatan ini, LPP NU Kota Malang memberikan edukasi dan pelatihan tentang pertanian kepada masyarakat kota.

Ketua PCNU Kota Malang, KH. Isroqunnajah dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang diinisiasi oleh LPP NU ini. Ia juga berharap bahwa model Sekolah Lapang Pertanian Perkotaan ini juga dapat dilanjutkan ke daerah-daerah lainnya di wilayah kota Malang.

“Harapannya sesuatu yang kecil ini bisa menjadi besar jika dikerjakan secara istiqomah maka akan berdampak semakin besar yang dapat memberi manfaat kepada para Nahdliyin di wilayah Kota Malang khususnya dan Masyarakat Kota Malang pada umumnya” imbuh Gus Is.

Dalam sesi selanjutnya, materi disampaikan oleh Luqman Qurata Aini, PhD. Dewan Penasehat LPPNU yang juga Ketua Departemen Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh puluhan peserta dari muslimat NU Kecamatan Lowokwaru, serta berbagai kalangan lain, seperti petani, dan masyarakat umum ini, para peserta mendapatkan arahan dan pengetahuan dalam mengelola lahan pertanian, mulai dari persiapan tanah, penanaman, pemeliharaan, hingga pemanenan.

Di akhir sesi, para peserta sekolah lapang diberi bibit tanaman strawberi untuk dapat dibudidayakan di rumah masing-masing. Diluar dugaan, ternyata diakhir pemaparan materi topik khusus, diskusi bersama antara warga ini berlangsung gayeng dan menarik. Antusiasnya warga belajar yang tinggi mengindikasikan kegiatan ini dapat diterima oleh warga muslimat NU Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru.

Penulis

NU MUDA

Lembaga Ta'lif wan Nasyr PCNU Kota Malang

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button