EventHeadlineNews

Dari Walisongo hingga Kini, MWC NU Sukun Refleksikan Gerakan Nahdliyyin

Malang, 8/9/2023 Semangat untuk menguatkan peran sosial-keagamaan terus dilakukan oleh NU di semua tingkatan. Tak terkecuali oleh MWC NU Sukun yang didampingi oleh Lakpesdam PCNU Kota Malang dengan menyelenggarakan Harokah Nahdliyyah putaran keempat yang bertempat di Aula Masjid Jami’ Allamul Huda Keluraha Pisang Candi Sukun Kota Malang, Jum’at (8/9/2023).

Dalam sambutan pembukaannya, KH Ali Mahshun selalu Ketua MwC NU Sukun menyebut bahwa pentingnya anak-anak muda dilibatkan dalam setiap kegiatan NU, terutama kaderisasi.

Menurut Kiai Mahsun, yang tua atau senior ini ada waktunya untuk selesai masa pengabdiannya

“Sementara NU, dengan segala perjuangannya yang panjang membutuhkan muda sebagai generasi penerus. Mereka harus melanjutkan apa yang sudah dilakukan oleh para sesepuh atau leluhur,” imbuh salah satu pengajar Pesantren Sabilirrosyad Gasek tersebut.

Sementara itu, narasumber utama dari Lakpesdam NU Kota Malang, Millatuz Zakiyah mengaitkan peran anak muda dalam perjuangan NU bisa didasarkan pada sejarah Walisongo. Ia menyebut bahwa misi dakwah yang dilakukan oleh para Walisongo di Nusantara terbukti berhasil dan perlu dijaga oleh generasi sekarang ini.

“Walisongo sudah mengajarkan banyak hal pada bangsa ini. Agama Islam yang kita anut dibawa oleh Walisongo. Nusantara ini bagian dari warisan atau atsarnya,” tandas alumni Muallimat Tambakberas Jombang tersebut.

Neng Milla, sapaan akrabnya, menekankan para santri NU dan anak muda memulai untuk menjaga atsar Walisongo tersebut dengan mendalami dan mempejalari aksara Pegon.

“Kenapa Pegon?,” tegas Neng Milla, karena dalam sejarahnya merupakan sarana untuk mentransfer ilmu agama dengan perantara dunia tulis-menulis.

“Pegon juga berhasil menyatukan ulama Nusantara, sejak dulu hingga kini,” tegas dosen MKU UB tersebut.

Kegiatan Harokah Nahdliyyah NU Kota Malang diikuti oleh kurang lebih 40 kader muda NU di wilayah MWC NU Sukun.

NU MUDA

Lembaga Ta'lif wan Nasyr PCNU Kota Malang

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button