EventHeadlineNews

Safari Ramadhan Dibuka, Begini Pesan Gus Is

MALANG – (12/3/2024) Suasana kegembiraan dan semangat Ramadhan semakin terasa di Kota Malang dengan resmi dibukanya kegiatan Safari dan Pencerahan Ramadhan 1445 H. Acara ini diresmikan oleh Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Malang, Dr. KH. Isroqunnajah, M.Ag, pada Selasa, 12 Maret 2024, di Aula Kantor PCNU Kota Malang, Jl. Hasyim Ashari 21.

Ketua PCNU Kota Malang menyampaikan mauidhoh hasanah di hadapan jamaah yang hadir usai pelaksanaan sholat Isya dan tarawih berjamaah. Beliau menekankan bahwa masjid memiliki peran sentral dalam pembangunan mental dan spiritual masyarakat, sejalan dengan tema kegiatan ini.

Gus Is, sapaan akrabnya, mengaitkan perhatian terhadap masjid dengan praktek pertama Rasulullah ketika hijrah ke Madinah. Beliau menyoroti bahwa Nabi Muhammad saw. menjadikan masjid sebagai pusat membangun mental dan spiritual umat. Masjid bukan hanya tempat untuk beribadah secara kolektif, melainkan juga sebagai sarana untuk memberdayakan umat.

Dalam konteks pentingnya sholat berjamaah, Gus Is merujuk pada hadits Nabi yang menyatakan bahwa orang yang rajin sholat berjamaah di masjid tidak akan menjadi fakir selamanya. Oleh karena itu, beliau menegaskan bahwa momentum Ramadhan menjadi saat yang tepat untuk memperkuat peran masjid. Masjid menjadi wadah yang sangat penting dalam pemberdayaan individu maupun kolektif umat.

Selain itu, PCNU Kota Malang juga mengajak warga Nahdliyyin untuk melaksanakan Tadarus di bulan Ramadhan. Namun, dalam semangat syiar Islam, beliau mengingatkan pentingnya memperhatikan toleransi, terutama dalam penggunaan fasilitas publik seperti pengeras suara.

Pada akhir mauidhohnya, Gus Is menegaskan perlunya revitalisasi peran masjid dalam pembangunan umat. Hal ini dilakukan dengan mengembalikan masjid sebagai pusat pembangunan umat serta menghidupkan nilai-nilai Islam yang terkandung dalam Alquran, hadis Nabi, dan warisan ilmu dari para ulama.

Beliau juga mengajak untuk lebih mendalami Al-Qur’an dengan membacanya dan mengamalkan isinya sesuai dengan tuntunan Rasulullah dan ilmu yang telah diwariskan oleh para ulama. Dengan demikian, kita akan menjadi pribadi yang dicintai surga, terutama di bulan Ramadhan ini. Pesan dari Ketua PCNU Kota Malang ini memberikan arahan yang kuat untuk menjadikan bulan Ramadhan sebagai momen introspeksi dan perbaikan diri secara spiritual dan sosial.

Diagendakan, kegiatan Safari dan Pencerahan Ramadhan 1445 H ini akan mencapai puncaknya pada 3 April 2024 di Masjid Cahyaning Perum Permata Jingga Malang. Semua elemen masyarakat diharapkan dapat merasakan manfaat maksimal dari kegiatan ini, menciptakan suasana Ramadhan yang penuh berkah dan keberkahan. [al]

NU MUDA

Lembaga Ta'lif wan Nasyr PCNU Kota Malang

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button