Mengapa Harus Bermazhab
HASIL SIDANG KOMISI BAHTSUL MASAIL
KONFERCAB KE-14 PCNU KOTA MALANG TAHUN 2016
MENGAPA HARUS BERMADZHAB
Mengkritisi Slogan kembali kepada al-Qur’an dan as-Sunnah
Mukaddimah
Akhir – akhir ini kita sering mendengar salah satu dari golongan umat Islam yang memiliki motto atau slogan “Kembali kepada al-Qur’an dan as-Sunnah”. Mereka juga mengajak umat untuk kembali kepada al-Qur’an dan as-Sunnah. Kenapa? tentunya, al-Qur’an dan Sunnah merupakan sumber ajaran Islam yang utama yang diwariskan oleh Rasulullah SAW, sehingga siapa saja yang menjadikan keduanya sebagai pedoman, maka ia telah berpegang kepada ajaran Islam yang murni dan berarti ia selamat dari kesesatan. Bukankah Rasulullah Saw. menyuruh yang sedemikian itu kepada umatnya?
Akan tetapi persoalan mulai muncul ketika memahami Al Qur’an dan as-Sunah sebagaimana slogan yang mereka usung adalah memahami al Qur’an dan as-Sunah dengan pemahaman dan pemikiran mereka sendiri serta menafikan pendapat ulama-ulama ahli tafsir dan ulama-ulama ahli hadits. Akibatnya muncullah orang – orang yang merasa paling benar tentang urusan agama dan tidak jarang mereka membid’ahkan, mensyirikkan dan mengkafirkan orang-orang yang tidak sejalan dengan pemikirannya khususnya kepada warga Nahdliyyin.
Pembahasan
a. Pengertian bermadzhab
b. Hukum bermadzhab
c. Menakar kebenaran slogan “Kembali kepada al Qur’an dan as-Sunah”.
Jawaban:
a. Mazhab secara bahasa artinya adalah tempat untuk pergi. Berasal dari kata zahaba – yazhabu – zihaaban. Mahzab adalah isim makan (kata benda yang menunjukkan pengertian tempat) dan isim zaman (kata benda yang menunjukkan pengertian waktu) dari akar kata tersebut. Sedangkan secara istilah, mazhab adalah sebuah metodologi ilmiah dalam mengambil kesimpulan hukum dari kitabullah dan Sunnah Nabawiyah. Mazhab yang kita maksudkan di sini adalah mazhab fiqih.
Adapula yang memberikan pengertian mazhab fiqih adalah sebuah metodologi fiqih khusus yang dijalani oleh seorang ahli fiqih mujtahid, yang berbeda dengan ahli fiqih lain, yang menghantarkannya memilih sejumlah hukum dalam kawasan ilmu furu'.
ï¶ Ijtihad
Kata ijtihad (اجتهاد ) berasal dari kata ijtahada (اجتهد ) yang artinya: bersungguh-sungguh, berusaha keras. Kemudian dalam istilah dipergunakan dengan pengertian: mengerahkan daya kemampuan berpikir untuk dapat mengambil kesimpulan pendapat (istinbath = استنباط ) sendiri dari al-Qur’an dan as-Sunnah. Dengan sederhana dapat disimpulkan bahwa berijtihad ialah beristinbath sendiri.
Kalau diuraikan (dianalisa), maka perbuatan ijtihad itu berkaitan dengan beberapa unsur:
1. Mujtahid (مجتهد ), orang yang melakukan perbuatan ijtihad.
2. Masalah (مسألة ) yang diijtihadi, yang dicari, hukumnya atau pendapat mengenai masalah itu.
3. Methoda (طريقة ) pengambilan kesimpulan pendapat.
4. Landasan (الدليل ), yaitu al-Qur’an dan as-Sunnah.
5. Hasil (النتيجة ), yaitu hukum atau pendapat mengenai sesuatu masalah.
Kalau diucapkan kata Mujtahid tanpa predikat lain, maka menurut istilah Islam, dimaksudkan Mujtahid Muthlaq (مجتهد مطلق ) yaitu imam (tokoh agama) yang mampu berijtihad/beristinbath sendiri dari al-Qur’an dan as-Sunnah, dengan menggunakan methoda yang ditemukan/dirumuskannya sendiri dan diakui kekuatannya oleh para tokoh agama (Imam) lainnya.Yang paling terkenal di antara para Mujtahid Muthlaq ini ialah: Imam Malik, Imam Abu Hanifah, Imam Syafi’i, dan Imam Ahmad bin Hanbal.
Mujtahid Muthlaq disebut juga Mujtahid Mustaqil (مجتهد مستقل ), artinya “mujtahid bebas”, tidak terikat dengan hasil ijtihad Imam lain dan bebas dari methoda yang ditemukan dan dipergunakan oleh Imam lain.
Di bawah tingkat Mujtahid Muthlaq, ada juga dipergunakan istilah Mujtahid meskipun sudah tidak bebas dari ikatan Mujtahid lain (Mujtahid Muthlaq lain), yaitu:
- Mujtahid Madzhab (مجتهد المذهب ), yaitu seorang yang sudah mampu beristinbath sendiri dari al-Qur’an dan as-Sunnah, tetapi masih menggunakan methoda dan kaedah yang ditemukan/diciptakan oleh seorang Mujtahid Muthlaq yang diikutinya, seperti Imam Muzani.
- Mujtahid Fatwa (مجتهد الÙتوى ), yaitu seorang yang mampu menilai mana yang terkuat (Tarjih = Ø§Ù„ØªØ±Ø¬ÙŠØ ), di antara pendapat-pendapat yang berkembang di dalam suatu madzhab (pendapat-pendapat hasil istinbath para Mujtahid Madzhab). Dari pendapat-pendapat itu, dipilih untuk difatwakan (disampaikan kepada orang lain yang memerlukannya).
Nahdlatul Ulama mengikuti peristilahan yang umumnya dipergunakan di kalangan Ulama Ahlussunnah wal Jamaah, bahwa yang dinamakan Mujtahid sepenuhnya hanyalah Mujtahid Muthlaq (Mustaqil). Di bawah tingkat itu, tergolong Muqallid (orang yang bertaqlid).
Tidak semua masalah agama memerlukan ijtihad (kemampuan daya berpikir) untuk mengambil istinbath (kesimpulan pendapat) dari al-Qur’an dan as-Sunnah. Masalah-masalah yang sudah tercantum dalilnya secara sharih ( Ø§Ù„ØµØ±ÙŠØ = tegas, jelas) dalam al-Qur’an atau as-Sunnah, seperti wajibnya shalat lima waktu atau larangan zina dari al-Qur’an dan as-Sunnah, bukanlah perbuatan ijtihad.
Masalah yang perlu diijtihadi hanyalah masalah yang tidak tercantum dalil sharih-nya dalam al-Qur’an atau as-Sunnah, seperti mengenai jumlah rakaat Shalat Tarawih, bunga bank sekarang ini apakah termasuk riba yang diharamkan, siapakah yang berhak menggantikan Rasulullah Saw. melanjutkan pimpinan negara dan umat, apakah bir termasuk khamr yang diharamkan dan sebagainya. Itulah masalah-masalah ijtihadiyyah ( المسائل الإجتهادية = masalah-masalah yang sudah masuk ruang lingkup ijtihad).
Tiap Mujtahid Mustaqil (Mujtahid Muthlaq) mempunyai methoda istinbath yang dirumuskannya sendiri. Dalam satu hal, tidak terdapat perbedaan antara semua methoda istinbath para Mujtahid Mustaqil, yaitu bahwa landasan pertama adalah al-Qur’an kemudian kedua adalah al-Hadits (as-Sunnah) yang shahih ( الصØÙŠØ = benar, diyakini kekuatan sanad, para perawi dan isinya). Sesudah kedua landasan itu, terdapat perbedaan methoda. Ada yang lebih mendahulukan Qiyas ( القياس = analogi), ada yang mendahulukan Mashlahah Mursalah ( المسلØØ© المرسلة = kepentingan umum) dan sebagainya.
Ilmu tentang methoda-methoda istinbath ini (methodologi), disebut Ilmu Ushul Fiqh ( أصول الÙقه = pokok-pokok pengolahan fiqh) dan Qawaidul Fiqhiyyah ( القواعد الÙقهية = Kaidah-kaidah fiqh). Untuk mampu beristinbath, selain penguasaan teori dan praktek Ushul Fiqh dan Qawaidul Fiqh, mutlak diperlukan penguasaan terhadap banyak macam ilmu yang lain.
ï¶ Taqlid
Kata taqlid (تقليد ) berasal dari kata qallada (قلّد ) yang berarti mengikat atau mengikut. Kemudian dalam istilah agama dipergunakan dalam arti: mengikuti pendapat orang lain yang diyakini kebenarannya sesuai dengan al-Qur’an dan al-Hadits.
Bertaqlid tidak selalu identik dengan mengikuti secara membuta tuli yang dalam bahasa Arab diungkapkan dengan taqlid a’ma ( تقليد أعمى = taqlid buta) tanpa sama sekali mempertimbangkan apakah pendapat yang diikuti itu benar atau sesat. Memang, pada tingkat pertama semua orang pasti mengalami proses mengikut tanpa mengerti kekuatan pendapat yang diikuti. Anak (atau orang dewasa pun) yang baru belajar shalat, pasti dia mengikuti pelajaran gurunya tanpa mempersoalkan dalil-dalilnya, kuat atau tidak. Tetapi setelah tingkat pertama (permulaan) ini terlampaui, maka harus diusahakan supaya pengetahuannya meningkat, menurut kemampuan dan kesempatan yang ada. Sewajarnya, dia harus mengetahui dan meyakini kebenaran pelajaran yang diikutinya, dengan berusaha mengetahui dalil-dalilnya. Dengan mengetahui serba sedikit tentang dalil-dalil itu, tidaklah berarti dia sudah lepas dari tingkatan bertaqlid.
Secara nyata, Nahdlatul Ulama berusaha meningkatkan kemampuan para muqallidin (orang yang sama bertaqlid) ini, supaya tidak selalu berada pada tingkat yang pertama/permulaan. Di pesantren dan madrasah, para ulama Nahdlatul Ulama berusaha memberikan pelajaran ilmu agama dalam kadar yang memadai, tidak hanya untuk menjadi muqallid a’ma (pentaqlid buta) tetapi untuk memiliki kemampuan lebih tinggi lagi, untuk menjadi muqallid yang lebih baik. Meskipun demikian betapapun banyak ilmu agama yang diajarkan, para ulama tetap tahu diri dan mendidik para santri dan muridnya untuk selalu tahu diri, bahwa dengan ilmu yang didapatnya itu tidak berarti sudah cukup untuk menjadi mujtahid sendiri. Selain itu mereka dididik untuk tidak merasa menjadi mujtahid, padahal sesungguhnya tetap mengikuti pendapat orang lain yang disukainya saja, bukan Imam Malik, Imam Abu Hanifah, Imam Syafi’i, Imam Ahmad bin Hanbal tetapi Imam atau tokoh yang lain.
Dasar pengambilan:
التمذهب : تÙعل من ( ذهب يذهب ذهابا ومذهبا ) أي الصيرورة إلى مذهب ما
والمذهب ÙÙŠ اللغة : هو مصدر من ذهب يذهب كالذهاب قال ابن منظور ÙÙŠ لسان العرب 1 ص 393: (
ذْهبَ والم مصدر كالذَّها ب … ) اه
قال الخطيب ÙÙŠ شرØÙ‡ على أبي شجاع Ù¡ ص 5Ù¡
المذهب : أي ما ذهب إليه الإمام من الأØكام ÙÙŠ المسائل ØŒ مجازا عن مكان الذهاب اه
قال شيخ الإسلام زكريا الأنصاري ÙÙŠ أسنى المطالب ج 5 ص 2Ù¡6
( والاجتهاد ( لغة استÙراغ الوسع ÙÙŠ تØقيق ما يستلزم المشقة ØŒ واصطلاØا : استÙراغ الوسع ÙÙŠ طلب الظن بشيء
من الأØكام الشرعية اه
ÙˆÙÙŠ Ø´Ø±Ø Ø§Ù„Ù…Øلي على الجمع 2 ص 240
( الاجتهاد( المراد عند الإطلاق وهو الاجتهاد ÙÙŠ الÙروع ( استÙراغ الÙقيه الوسع ) بأن يبذل تمام طاقته ÙÙŠ النظر
ÙÙŠ الأدلة ( لتØصيل ظن بØكم ) اه
نيل الابتهاج للتنبكتي ص 44
اعلموا أن المجتهد : إما مطلق، وهو من اطَّلع على قواعد الشرع، وأØاط بمداركها ووجوه النظر Ùيها، Ùهو يبØØ«
عن Øكم نازلة بنظره ÙÙŠ دلالتها على المطلوب
وقال الإمام السيوطي ÙÙŠ رسالته الرد على من أخلد إلى الأرض ص ١١2
الاجتهاد المطلق قسمان : مستقل وغير مستقل .والمستقل : هو الذي استقل بقواعده لنÙسه يبني عليها الÙقه
خارجا عن قواعد المذاهب المقررة كمالك والشاÙعي وأبي ØنيÙØ© وأØمد بن Øنبل ) اه
وقال الإمام السيوطي ÙÙŠ رسالته الرد على من أخلد إلى الأرض ص ١١2
الاجتهاد المطلق قسمان : مستقل وغير مستقل .والمستقل : هو الذي استقل بقواعده لنÙسه يبني عليها الÙقه
خارجا عن قواعد المذاهب المقررة كمالك والشاÙعي وأبي ØنيÙØ© وأØمد بن Øنبل ) اه
روى الخطيب ÙÙŠ كتاب الÙقيه والمتÙقه Ù¢ ص 157
عن الشاÙعي أنه قال : لا ÙŠØÙ„ لأØد أن ÙŠÙتي ÙÙŠ دين الله إلا:
1 . رجلا عارÙا بكتاب الله بناسخه ومنسوخه ØŒ ومØكمه ومتشا Ù‡ ØŒ وتأويله وتتريله ،ومكيه ومدنيه ØŒ وما
أريد به
Ù¢ . ويكون بعد ذلك بصيرا بØديث رسول الله صلى الله عليه وسلم ØŒ وبالناسخ والمنسوخ ØŒ ويعر٠من
الØديث مثل ما عر٠من القرآن
3 . ويكون بصيرا باللغة ØŒ بصيرا بالشعر وما ÙŠØتاج إليه للسنة والقرآن ØŒ ويستعمل هذا مع الإنصاÙ
4 . ويكون بعد هذا مشرÙا على اختلا٠أهل الأمصار
5 . وتكون له قريØØ© بعد هذا ØŒ Ùإذا كان هكذا Ùله أن يتكلم ويÙتي ÙÙŠ الØلال والØرام ØŒ وإذا لم يكن هكذا
Ùليس له أن ÙŠÙتي .) اه
وقال ولي الله الدهلوي ÙÙŠ Øجة الله البالغة Ù¡ ص Ù¡23
إن هذه المذاهب الأربعة المدونة المØررة قد اجتمعت الأمة أو من يعتد به منها على جواز تقليدها إلى يومنا هذا
ÙˆÙÙŠ ذلك من Ø§Ù„Ù…ØµØ§Ù„Ø Ù…Ø§ لا يخÙÙ‰ لا سيما ÙÙŠ هذه الأيام التي قصرت Ùيها الهمم جدا وأشربت النÙوس الهوى
وأعجب كل ذي رأي برأيه Ùما ذهب إليه ابن Øزم Øيث قال : التقليد Øرام ولا ÙŠØÙ„ لأØد أن يأخذ بقول Ø£Øد
غير رسول الله صلى الله عليه وسلم بلا برهان … إنما يتم Ùيمن له ضرب من الاجتهاد ولو ÙÙŠ مسألة واØدة ) اه
ÙÙŠ الذخيرة للقراÙÙŠ : Ù¡ ص Ù¡40
قال ابن القصار قال مالك : يجب على العوام تقليد المجتهدين ÙÙŠ الأØكام ويجب عليهم الاجتهاد ÙÙŠ أعيان
المجتهدين كما يجب على المجتهدين الاجتهاد ÙÙŠ أعيان الأدلة ØŒ وهو قول جمهور العلماء خلاÙا لمعتزلة بغداد ØŒ
وقال الجبائي : يجوز ÙÙŠ مسائل الاجتهاد Ùقط ) اه
وقال الإمام الØطاب ÙÙŠ مواهب الجليل Ù¡ ص : 30
)Ùرع ) التقليد هو الأخذ بقول الغير من غير معرÙØ© دليله ØŒ والذي عليه الجمهور أنه يجب على من ليس Ùيه
أهلية الاجتهاد أن يقلد Ø£Øد الأئمة المجتهدين سواء كان عالما أو ليس بعالم . وقيل : لا يقلد العالم وإن لم يكن
مجتهدا Ø› لأن له صلاØية أخذ الØكم من الدليل ) اه
وقال الشيخ عليش ÙÙŠ ÙØªØ Ø§Ù„Ø¹Ù„ÙŠ المالك Ù¡ ص 90
وقد أجمع أهل السنة على وجوب التقليد على من ليس Ùيه أهلية الاجتهاد Øسبما ÙÙŠ الديباج للإمام ابن ÙرØون
رØمه اللهتعالى وعمدة المريد للشيخ اللقاني وغيرهما وشاع ذلك Øتى صار معلوما من الدين بالضرورة .) اه
b. Wajib bagi orang yang tidak mampu ber-istinbath dari Al-Qur’an dan Hadits. Haram bagi orang yang mampu dan syaratnya tentu sangat ketat, sehingga mulai sekitar tahun 300 hijriah sudah tidak ada ulama yang memenuhi kriteria atau syarat mujtahid. Mereka adalah Abu Hanifah, Malik, asy-Syafi'i, Ahmad bin Hanbal, Sufyan ats-Tsauri, Dawud azh-Zhahiri dan lain-lain.
Begitu juga menjawab Ibnu Hazm dalam Ihkam al-Ahkam yang mengharamkan taqlid, karena haram yang dimaksudkan menurut beliau adalah untuk orang yang ahli ijtihad sebagaimana disampaikan al-Buthi ketika menjawab musykil dalam kitab Hujjah Allah al-Balighah [1/157-155] karya Waliyullah ad-Dihlawi yang menukil pendapat Ibnu Hazm tentang keharaman taqlid. ( Al-la Madzhabiyyah hlm. 133 dan ‘Iqdul Jid fi Ahkam al-Ijtihad wa at-Taqlid hlm. 22. ). Pada hakikatnya orang yang tidak mau bermadzhab pada salah satu madzhab empat (Maliki. Hanafi, Syafi'i dan Hanbali) juga bermadzhab pada yang lain atau pada hawa nafsunya sendiri dengan merumuskan Quran Hadits sesuai kehendaknya.
Dasar Pengambilan:
وَمَآ أَرۡسَلۡنَا من Ù‚ÙŽ بل ÙƒÙŽ Ø¥ لَّا رجَال اٗ نّÙÙˆ Øيٓ Ø¥ Ù„ÙŽÛ¡ÙŠ Ù‡ Ù…Û¡ Ùَسۡ Ù„ÙŽÙوٓ اْ Ø£ÙŽÙ‡Û¡Ù„ÙŽ ٱل ذكۡ ر Ø¥ Ù† كنتÙÙ…Û¡ لَا تَ عۡلَمÙونَ 43
“Dan Kami tidak mengutus sebelum kamu, kecuali orang-orang lelaki yang Kami beri wahyu kepada mereka; maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui”.
۞وَمَا كَانَ ٱۡلمÙؤۡ منÙونَ Ù„ ÙŠÙŽÙ† ÙرÙواْ كَآÙÙ‘ÙŽØ© ÙÙŽ لَوۡلَا Ù† Ùََرَ من Ùƒ لّ ٠رۡقَة مّۡن Ù‡ÙÙ…Û¡ طَآئ ÙÙŽØ© Ù„ ÙŠÙŽ تَ ÙَقَّهÙÙˆ اْ ÙÙŠ ٱل دي Ù† ÙˆÙŽÙ„ ÙŠÙÙ† ذرÙÙˆ اْ Ù‚ÙŽ ÙˆÛ¡Ù…ÙŽÙ‡ÙÙ…Û¡ Ø¥ ذَا
رَجَعÙوٓ اْ Ø¥ Ù„ÙŽÛ¡ÙŠ همۡ لَعَلَّهÙÙ…Û¡ ÙŠÙŽØۡذَرÙونَ 1٢٢
“Tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya”.
ومن لم يقلد واØدا منهم وقال أنا اعمل بالكتاب والسنة مدعيا Ùهم الأØكام منهما Ùلا يسلم له بل هو مخطئ
ضال مضل سيما ÙÙŠ هذا الزمان الذى عم Ùيه الÙسق وكثرت الدعوى الباطلة لأنه استظهر على أئمة الدين وهو
دونهم ÙÙŠ العلم والعمل والعدالة والاطلاع
"Dan barangsiapa yang tidak mengikuti salah satu dari mereka (Imam madzhab) dan berkata "saya beramal berdasarkan al Quran dan hadits", dan mengaku telah memahami hukum-hukum al Qur’an dan hadits maka orang tersebut tidak dapat diterima, bahkan termasuk orang yang bersalah, sesat dan menyesatkan terutama pada masa sekarang ini dimana kefasikan merajalela dan banyak tersebar dakwah-dakwah yang salah, karena ia ingin mengungguli para pemimpin agama padahal ia di bawah mereka dalam ilmu, amal, keadilan dan analisa". (Tanwiir alQuluub 74-75)
كل من الأئمة الأربعة على الصواب ويجب تقليد واØد منهم ومن قلد واØدا منهم خرج من عهدة التكليÙ
وعلى المقلد أرجØية مذهبه أو مساواته ولايجوز تقليد غيرهم ÙÙ‰ Ø¥Ùتاء أو قضاء. قال ابن Øجر ولايجوز العمل
بالضعي٠بالمذهب ويمتنع التلÙيق ÙÙ‰ مسألة كأن قلد مالكا ÙÙ‰ طهارة الكلب والشاÙعى ÙÙ‰ Ù…Ø³Ø Ø¨Ø¹Ø¶ الرأس
)إعانة الطالبين, الجزء 1 الصÙØØ© 17(
"Setiap imam yang empat itu berada di jalan kebenaran maka wajiblah bagi umat islam untuk bertaqlid kepada salah satu diantara yang empat tadi sebab orang yang sudah bertaqlid kepada salah satu imam yang empat tersebut maka ia telah terlepas dari tanggungan dalam keagamaan dam orang yang bertaqlid haruslah yakin bahwqa madzhab yang ia ikuti itu benar dan sama benarnya dengan yang lain serta tidak boleh bertaqlid kepada madzhab lain selain madzhab yang ia ikuti, seperti apa yang dikatakan oleh ibnu hajar alhaitami: tidak boleh seseorang yang menganut suatu madzhab berbuat talfiq (mencampur adukkan madzhab untuk mencari yang ringan-ringan) misalnya mengikuti imam malik yang mensucikan anjing dan juga mengikuti imam syafi'ie dalam membasuh sebagian kepala dalam berwudu''. (I'anatut Tholibin I/17).
c. Slogan “Kembali kepada al-Qur’an dan as-Sunnah” yang digembar-gemborkan segolongan umat Islam ini sepintas benar dan sangat ideal. Mereka juga mengajak umat untuk kembali kepada al-Qur’an dan as-Sunnah. Kenapa? Karena tentunya, al-Qur’an dan as-Sunnah merupakan sumber ajaran Islam yang utama, yang telah diwariskan oleh Rosululloh ^ . Siapa saja yang menjadikan keduanya sebagai pedoman, maka ia telah berpegang kepada ajaran Islam yang murni dan berarti ia selamat dari kesesatan. Bukankah Rosululloh ^ telah memerintahkan yang sedemikian itu kepada umatnya, seraya bersabda:
يَا Ø£ÙŽÙŠ هّÙَا النَّاس٠إ نيّ قَدْ تَ رَكْت٠٠يْكÙمْ مَا Ø¥ Ù† اعْتَصَمْتÙمْ ب Ù‡ ٠لَنْ تَ ضلّÙوا أَبَدًا Ùƒ تَاب٠الله وَسÙنَّة٠نَب ÙŠ Ù‡ ^ )رواه الØاكم ÙÙ‰
المستدرك(
“Wahai manusia! Sesungguhnya aku telah wariskan kepada kalian akan sesuatu yang apabila kalian berpegang teguh dengannya, niscaya kalian tidak akan pernah tersesat selamanya, yaitu al-Qur’an dan al-Hadits.” (H.R.al-Hakim dalam al-Mustadrak)
Namun slogan ini justru menimbulkan masalah di tengah masyarakat, sebab siapapun yang menurut mereka tidak sesuai dengan al-Qur’an dan AS-Sunnah versi mereka, dianggap menyimpang dan sesat. Mereka menjustifikasi tanpa memperhatikan pendapat para ulama yang sebenarnya ber-istinbath dari ayat al-Qur’an dan atau hadits Nabi. Oleh sebab itu, slogan tersebut merupakan kalimat yang benar, tapi digunakan untuk hal yang tidak benar. Hal ini sesuai dengan ungkapan:
ÙƒÙŽÙ„ Ù…ÙŽØ©Ù ØÙŽ قّ أ٠ريْدَ بÙَا الْبَا طلÙ
“Kalimat yang benar yang disalahgunakan untuk hal yang salah.”
Nahdlatul Ulama memperhatikan dan merujuk pada pendapat para ulama yang mengambil kesimpulan hukum dari al-Qur’an dan as-Sunnah (istinbath al-hukm). Dalam rumusan Qonun Asasi NU, hal ini diistilahkan dengan “memasuki rumah melalui pintu-pintunya”. Inilah kesinambungan modeling istinbath al-hukm para ulama madzhab empat, yang tentu tidak hanya diikuti oleh NU, bahkan oleh mayoritas umat Islam sepanjang zaman. Sebagaimana dijelaskan oleh Hadrotus Syaikh K.H Hasyim Asy’ari dalam Muqoddimah Qonun Asasi:
ÙÙŽ يَا Ø£ÙŽÙŠ هّÙَا الْعÙلَمَاء٠وَالسَّادَة٠الْأَتْ قيَاء٠منْ أَهْ Ù„ السّÙنَّ Ø© وَالجَْمَاعَ Ø© أَهْ Ù„ مَذَا Ù‡ ب الْأَئ مَّ Ø© الْأَرْب عََ Ø© أَنْ تÙمْ قَدْ أَخَذْتÙÙ٠الْعÙÙ„Ùوْمَ Ù…Ùَّنْ
Ù‚ÙŽ بْ Ù„ÙŽÙƒÙمْ ÙˆÙŽ منْ Ù‚ÙŽ بْل ÙƒÙمْ Ù…Ùَّنْ Ù‚ÙŽ بْ لَه٠بات صَا Ù„ السَّنَ د Ø¥ لَيْكÙمْ وَتَ نْظÙرÙوْنَ عَمَّنْ تَأْخÙØ°Ùوْنَ ديْ Ù†ÙŽÙƒÙمْ Ùَأَنْ تÙمْ خَزَن تَ٠هَا وَأَبْ وَابÙÙَا ØŒ وَلَا تَأْتÙوا
الْب٠ي٠وْتَ Ø¥ لَّا منْ أَبْ وَا بÙَا ØŒ Ùَمَنْ أَتََهَا منْ غَ ير أَبْ وَا بÙَا سّيَ سَا رقًا
“Wahai ulama dan para pemimpin yang bertakwa di kalangan Ahlussunnah wal Jamaa’ah keluarga madzhab Imam Empat; Kalian telah menimba ilmu-ilmu dari orang-orang sebelum kalian, dan orang-orang sebelum kalian menimba dari orang-orang sebelum mereka, dengan jalinan sanad yang bersambung sampai kepada anda sekalian. Anda sekalian selalu meneliti dari siapa anda menimba ilmu agama kalian itu. Maka kalian-lah para penjaga dan pintu gerbang ilmu-ilmu itu. Jangan memasuki rumah-rumah kecuali dari pintu-pintunya. Barangsiapa memasukinya tidak lewat pintu-pintunya, akan disebut pencuri.”
Prinsip tersebut akan kita perinci dalam beberapa poin berikut ini. Tujuannya adalah untuk menimbang slogan “Kembali kepada al-Qur’an dan as-Sunnah” yang secara lahiriyah terlihat sangat ideal.
Pertama, prinsip “Kembali kepada al-Qur’an dan as-Sunnah” adalah benar secara teoritis, dan sangat ideal bagi setiap orang yang mengaku beragama Islam. Tetapi yang harus diperhatikan adalah sesuatu yang benar secara teoritis belum tentu benar secara praktis. Hal ini dengan menimbang kapasitas dan kapabilitas (kemampuan) setiap orang dalam memahami al-Qur’an dan as-Sunnah sangat berbeda-beda. Maka dapat dipastikan, kesimpulan pemahaman terhadap al-Qur’an atau as-Sunnah yang dihasilkan oleh seorang alim yang menguasai bahasa Arab dan segala ilmu yang menyangkut perangkat penafsiran atau ijtihad, akan jauh berbeda dengan kesimpulan pemahaman yang dihasilkan oleh orang awam yang mengandalkan buku-buku “terjemah” al-Qur’an atau as-Sunnah. Itulah kenapa di zaman ini banyak sekali bermunculan aliran sesat. Jawabannya tentu karena masing-masing mereka berusaha kembali kepada al-Qur’an dan as-Sunnah, lalu mereka berupaya mengkajinya dengan kemampuan dan kapasitasnya sendiri.
Kedua, al-Qur’an dan as-Sunnah sudah dibahas dan dikaji oleh para ulama terdahulu yang memiliki keahlian yang sangat mumpuni untuk melakukan hal itu, sebut saja misalnya ulama madzhab empat, para ulama tafsir, ulama hadis, ulama fikih, ulama aqidah Ahlussunnah Wal-Jama’ah, dan ulama tasawuf/akhlaq. Hasilnya, mereka telah menulis beribu-ribu jilid kitab dalam rangka menjelaskan kandungan al-Qur’an dan as-Sunnah secara gamblang dan terperinci, sebagai wujud kasih sayang mereka terhadap umat yang hidup di kemudian hari.
Karya-karya besar itu merupakan pemahaman para ulama yang disebut di dalam al-Qur’an sebagai “ahl al-dzikr”, yang kemudian disampaikan kepada umat Islam turun-temurun dari generasi ke generasi secara berantai sampai saat ini. Adalah sebuah keteledoran besar jika upaya orang belakangan dalam memahami Islam dengan cara “kembali kepada al-Qur’an dan as-Sunnah” dilakukan tanpa merujuk kepada pemahaman para ulama tersebut. Hal yang menjadi pangkal penyimpangan adalah karena mereka memutus mata rantai amanah keilmuan mayoritas ulama dengan membatasi keabsahan sumber rujukan agama hanya sampai pada ulama salaf (yang hidup sampai abad ke-3 Hijriah).
Bayangkan, berapa banyak ulama yang dicampakkan dan berapa banyak kitab-kitab yang dianggap sampah yang ada di antara abad ke-3 hingga abad ke-8 hijriyah. Lebih parahnya lagi, dengan rantai yang terputus jauh, mereka memproklamasikan diri sebagai pembawa ajaran ulama salaf yang murni, padahal yang mereka sampaikan hanyalah pemahaman mereka sendiri setelah merujuk langsung pendapat-pendapat ulama salaf. Bukankah yang lebih mengerti tentang pendapat ulama salaf adalah murid-murid mereka? Bukankah para murid ulama salaf itu kemudian menyampaikannya kepada murid-murid mereka lagi dan hal itu terus berlanjut secara turun temurun dari generasi ke generasi baik lisan maupun tulisan? Bijaksanakah ketika pemahaman agama dari ulama salaf yang sudah terpelihara dari abad ke abad, lalu mereka campakkan sebagai tanda tidak percaya, dan mereka lebih memilih untuk memahaminya langsung dari para ulama salaf tersebut? Sungguh, ini bukan saja tidak bijaksana, tetapi juga keteledoran besar, bila tidak ingin disebut kebodohan. Jadi mereka bukan cuma menggaungkan slogan “kembali kepada al-Qur’an dan as-Sunnah” secara langsung, tetapi juga “kembali” kepada pendapat para ulama salaf” secara langsung dengan cara dan pemahaman sendiri.
Ketiga, para ulama telah menghidangkan penjelasan tentang al-Qur’an dan as-Sunnah di dalam kitab-kitab mereka kepada umat sebagai sebuah “hasil jadi”. Boleh dibilang, kemampuan yang dimiliki para ulama itu tak mungkin lagi bisa dicapai oleh orang setelahnya, terlebih di zaman ini, menimbang masa hidup mereka yang masih dekat dengan masa hidup Rosululloh ^ dan para Shahabat yang tidak mungkin terulang. Belum lagi keunggulan hafalan, penguasaan berbagai bidang ilmu, lingkungan yang shalih, sifat wara’ (kehati-hatian), keikhlasan, keberkahan, dan lain sebagainya. Pendek kata, para ulama seakan-akan telah menghidangkan “makanan siap saji” yang siap disantap oleh umat tanpa repot-repot meracik atau memasaknya terlebih dahulu, sebab para ulama tahu bahwa kemampuan meracik atau memasak itu tidak dimiliki setiap orang.
Berdasarkan uraian di atas, nyatalah bahwa pihak yang menyerukan “kembali kepada al-Qur’an dan as-Sunnah” itu belum tentu dapat dianggap benar. Sesungguhnya para ulama yang telah menulis ribuan jilid kitab tidak mengutarakan pendapat menurut hawa nafsu mereka. Amat ironis, bila karya-karya para ulama yang jelas-jelas lebih mengerti tentang al-Qur’an dan as-Sunnah itu dituduh sebagai kumpulan pendapat manusia yang tidak berdasar pada dalil. Sementara mereka yang menyerukan kembali kepada al-Qur’an dan as-Sunnah jelas-jelas hanya memahami dalil secara tekstual (harfiyah). Lalu dengan angkuhnya mereka menyatakan diri sebagai orang yang paling nyunnah, paling sejalan dengan al-Qur’an dan as-Sunnah.
As-Syaikh Muhammad Taufiq al-Buthi dalam tulisannya kepada masyarakat Indonesia (dimuat Majalah Cahaya Nabawiy Mei 2016 dan Majalah Aula Juni 2016) menyatakan urgensi (pentingnya) bermadzhab dan keharusan kembali pada ulama dalam penafsiran hukum. Beliau menyatakan :
“Tidak semua orang mampu mengambil hukum dari al-Qur’an dan as-Sunnah. Maka menjadi suatu keniscayaan orang awam kembali kepada ulama kompeten. Tidak semua orang mampu mempraktikkan syarat ijtihad, maka mereka harus kembali kepada hasil ijtihad para ulama mujtahid. Umat Islam selalu konsisten dan terbukti selalu mengikuti imam-imam mujtahid madzhab. Mengikuti mereka, bukan karena mereka atau hasil ijtihad mereka belaka, namun capaian madzhab mereka dalam dinamika perjalanan madzhab, mulai generasi ulama murid para imam madzhab (ashhab), kemudian ulama mujtahid madzhab, lalu pen-tarjih, dan mufti. Hal itu terjadi berabad-abad, melalui proses penelitian mendalam (tahqiq) dan diskusi (munaqasyah) hingga madzhab mereka teruji, di mana salah seorang di antara kita tidak dapat melakukannya.
Bukanlah sesuatu kebijaksanaan, kita memulai sesuatu yang telah dilakukan oleh para imam yang jeda masa mereka dengan Nabi Muhammad ^ hanya dua abad. Kita tidak dapat mengabaikan begitu saja terhadap usaha mereka, perpustakaan besar yang mengoleksi karya fikih dan segala apapun yang menjelaskan tentang syariat. Sedangkan kita di masa ini dipisahkan oleh 14 abad. Bahasa kita lebih lemah untuk memahami nash atau dalil.
Penguasaan kita terhadap syarat ijtihad dan pirantinya sangat lemah. Tidak mengindahkan madzhab-madzhab fikih berarti memusnahkan khazanah keilmuan klasik, sesuatu yang telah dihasilkan oleh ribuan ulama. Mereka mengerahkan segenap usaha untuk meneliti produk-produk ijtihad para imam fikih dan para pengikut mereka pada era berikutnya.
Mereka juga menyempurnakan amal usaha dalam membangun keilmuan fikih ini untuk menyelesaikan berbagai kasus yang terjadi saat sudah tersedia dalil, atau hal-hal yang telah terjadi atau dipotensikan akan terjadi. Hasil diskusi antar ulama merupakan simpanan kekayaan besar, dalam pola diskusi yang baik, sisi pengambilan hukum dari dalil (istidlal), dalam kekuatan dan keelokannya”.