Serial Pencerahan Ramadhan PCNU Kota Malang: Fadhilah atau Keutamaan Ramadhan

Malang, 5 April 2022.

Melanjutkan agenda Pencerahan Ramadhan PCNU Kota Malang, pada hari Selasa, 5 April 2022 bertempat di Masjid Syarifuddin Blimbing Malang.

Yang diberi kesempatan memberikan tausiah adalah KH. Achwanuri yang merupakan pengurus PCNU Kota Malang.

Acara pengajian dimulai setelah shalat Isya dan membahas seputar ramadhan termasuk awal penentuan bulan ramadhan dengan metode rukyatul hilal ataupun hisab serta fadilah bulan Ramadhan.

KH. Achwanuri menyampaikan bahwa terdapat hal-hal yang berperan dalam memperoleh fadhilah atau keutamaan dalam beribadah. Yang pertama adalah umur yang Allah berikan, Allah berikan umur dan dengan umur itu bisa menjadi perantara untuk mendapatkan kemudahan keutamaan-keutamaan dalam beribadah.

“Unsur selanjutnya adalah waktu fadhilah. Waktu fadhilah sendiri tidak perlu dicari, karena waktu itu terus berjalan, seperti bulan Ramadhan yang datang dan manusia seharusnya beribadah untuk mendapat keutamaannya,” lanjut salah satu ustadz di pondok Nurul Huda Mergosono.

Yang terakhir adalah Rasulullah yang telah memberikan kaifiyatul ibadah (tata cara ibadah). Cara-cara yang nabi ajarkan adalah salah satu hal yang menjadi sebab diperolehnya fadhilah.

“Kita berada dalam waktu fadhilah, yaitu bulan suci ramadhan. Maka kita harusnya lebih rajin beribadah, kalau tidak ibadah maka merugilah,”


Beliau banyak berpesan bahwa di bulan ramadhan ini sudah sepatutnya memperkuat dan memperbanyak dan lebih meningkatkan kualitas ibadah.

“Ramadhan itu ibarat syurga yang pintunya dibuka, yang jika pintu itu dibuka artinya semuanya bisa masuk dan jika dia (manusia) tidak mau masuk, maka merugilah dia karena telah menyia-yiakan nikmat syurga,” pungkas beliau.

Cara masuk ke bulan Ramadhan adalah dengan berpuasa. Wajib berpuasa bagi mereka yang bertemu dengan bulan Ramadhan. Dalam kehidupannya, Nabi Muhammad SAW menemui bulan Ramadhan sebanyak 9 kali dan sebanyak itulah beliau berpuasa.

Dialog Pencerahan Ramadhan hari ini berjalan dengan lancar, banyak pesan yang disampaikan. Banyak tambahan ilmu yang turut didapatkan. Suasana malam turut membawa kesyahduan. Acara diakhiri dengan tanya jawab dengan hadirin yang ada di masjid. (Zanadia/ zmf).

Lihat Juga

PCNU Kota Malang Lakukan Koordinasi Persiapan Resepsi Satu Abad NU

MALANG – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Malang menggelar rapat koordinasi persiapan mengikuti acara resepsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: