LTN NU Kota Malang Bekali Jurnalis Muda Dasar Jurnalistik dan Penulisan SEO

  

MALANG – Dalam rangka peningkatan kompetensi jurnalistik jurnalis muda NU Kota Malang, Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTN NU) Kota Malang menggelar Workshop Jurnalistik pada Sabtu, 12 November 2022. Workshop kali ini mengulas materi dasar-dasar jurnalistik, fotografi, dan penulisan Search Engine Optimization (SEO). Kegiatan ini digelar secara luring di hall KH. Abdurrahman Wahid PCNU Kota Malang, jalan KH. Hasyim Ashari.

Ketua LTN NU Kota Malang, Abdul Muntholib dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini khusus diperuntukkan bagi jurnalis muda NU Kota Malang.  Ia berharap para jurnalis muda memiliki kompetensi jurnalistik yang bagus, khususnya dalam penulisan berita, serta pemanfaatan sosial media sebagai sarana informasi dan dakwah.

Selanjutnya, Abdul Muntholib menambahkan bahwa di era transformasi digital seperti saat ini, para jurnalis muda NU dapat memegang peran strategis dalam memroduksi narasi-narasi NU yang positif dan membangun. Narasi yang positif menjadi basis informasi utama dalam menyuarakan NU di tengah masyarakat global.

“Narasi yang positif diharapkan dapat menjadi bom sosial untuk menyuarakan NU. Dengan memanfaatkan website dan media sosial, diharapkan mereka mampu menjadi narator-narator handal, sebagai visualisasi global PCNU Kota Malang”, ujarnya.

Kegiatan workshop menghadirkan Wartawan Senior Malang Posco Media, Muhaimin, MP., Anggota Pewarta Foto Indonesia (PFI) Malang, Nedi Putra AW, serta Pakar Cyber & IT Bank Swasta Internasional, Abdul Haris Suaidi, S.E.

Sementara itu, Wakil Ketua LTN NU, Muhaimin menegaskan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat terbentuk jaringan pewarta di kalangan jurnalis NU di Kota Malang. Menurutnya, jaringan pewarta mempunyai peran penting dalam menyuplai berita, untuk dikonsumsi warga nahdliyyin khususnya, serta masyarakat luas pada umumnya.

“Jaringan pewarta dari lembaga, Banom, dan MWC menjadi penting, karena mereka adalah kontributor utama sebuah berita. Mereka berperan penggali informasi, sekaligus penyaji berita yang menyuarakan NU.”, ujar Muhaimin yang juga Sekretaris Redaksi Malang Posco Media tersebut.

Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan peserta dari perwakilan setiap lembaga NU Kota Malang, Badan Otonom, MWC, dan delegasi dari berbagai pondok pesantren di Malang.  Acara ini akan dilaksanakan secara bergelombang, dengan mengulas berbagai topik seputar dunia jurnalistik.

Author

Lihat Juga

PCNU Kota Malang Lakukan Koordinasi Persiapan Resepsi Satu Abad NU

MALANG – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Malang menggelar rapat koordinasi persiapan mengikuti acara resepsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: