EventHeadlineWarta

Sampaikan Tausiyah, KH. Zulfa Mustofa: Karena NU-Muhammadiyah, NKRI Masih Terjaga

MALANG– Keberagaman suku dan agama di negeri ini menghadirkan potensi perpecahan. Namun sejauh ini masih saja berhasil rukun dan damai. Ini karena ada dua ormas terbesar yakni NU dan Muhammadiyah yang masih bisa bersatu. Karena dua ormas ini boleh disebut sebagai fondasi negara.

“Selama NU dan Muhammadiyah masih rukun bersatu dan sering duduk bersama, maka NKRI ini akan masih terjaga, ” kata KH Zulfa Mustofa, Waki Ketua PBNU dalam acara Halal bi Halal Kebangsaan di Aula Skodam, Selasa malam (2/5).

Mengutip dari pernyataan alm KH Hasyim Muzadi, dia menyebut NU dan Muhammadiyah ibarat sepasang sandal. Kalau satu dipakai, maka satunya juga harus dipakai. “Inilah yang namanya azwaja, berpasangan yang ideal, ” tandas dia.

Bagi dia, dengan keberagaman ini, sepatutnya umat Islam dan warga Indonesia patut bersyukur.  Karena ini menjadi rahmat. “Kebetulan saya baru saja ke Afghanistan, di sana 98 persen muslim. Sisanya Hindu,” ungkap dia.

Leboh lanjut KH. Zulfa mengingatkan bahwa potensi perpecahan di Indonesia sangatlah besar. Namun, bangsa Indonesia memiliki tradisi yang mampu menyatukan berbagai macam perbedaan, yakni halal bi halal.

“Bangsa Indonesia punya media menjaga silaturahmi yakni, halal bihalal. Orang Indonesia suka kumpul, silaturahmi, sehingga untuk dikompori susah, serta salah faham akan bisa dihindari,” ujarnya.

NU MUDA

Lembaga Ta'lif wan Nasyr PCNU Kota Malang

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button