EventHeadlineNews

Sukses Besar Lesbumi, Jigang #2 Akan Kembali Meriahkan Kegiatan Ramadhan PCNU Kota Malang

MALANG – (23/2/2024) Ramadhan sudah di depan mata. Pesantren Budaya Karanggenting Malang akan menjadi saksi kegiatan Jigang Ramadhan #2 yang segera dilaksanakan oleh Pengurus Cabang Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) Nahdlatul Ulama Kota Malang dari Jumat hingga Ahad, 22-24 Maret 2024. Kegiatan Jigang Ramadhan #2 ini digeber dari Bakda Tarawih hingga menjelang sahur dan menyajikan sajian budaya Islam kepada para peserta.

Ketua PC Lesbumi NU Kota Malang, Fathul H. Panatapraja, menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan Jigang Ramadhan adalah memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dalam memahami dan mengapresiasi warisan budaya serta keislaman. “Pada Ramadhan tahun lalu, kegiatan ini sukses. Juga mendapatkan respon positif dari masyarakat. Ramadhan esok kita akan mengadakan lagi dengan tema-tema yang lebih menarik dan relevan dengan kehidupan,” ujarnya.

Tema besar Jigang Ramadhan #2 kali ini adalah “Sastra Piwulang Sunan Bonang,” yang menghadirkan tiga nara sumber terkemuka untuk memberikan wawasan yang mendalam kepada para peserta.

Menurut Fathul H. Panatapraja, Jigang Ramadhan tahun ini mengangkat tema besar tersebut untuk membumikan ajaran-ajaran para sunan dan ngalap berkah, khususnya Sunan Bonang. “Jika tahun lalu, kita ngalap berkah Sunan Kalijaga, dengan mengambil aforisma beliau yang kita jadikan tema dan spirit acara, untuk ramadhan tahun ini kita akan mengambil warisan keilmuan dari Sunan Bonang”, pungkasnya.

Dekan Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang, Dr. M. Faisol Fatawi, M.Ag, yang juga menjabat sebagai Sekretaris PCNU Kota Malang, menjadi nara sumber pertama dengan membahas tema “Naratologi dalam Kitab Suci dan Catatan Pinggir Filologi.” Materi yang disajikan memberikan pemahaman mendalam tentang aspek narasi cerita dalam konteks keislaman.

Nara sumber kedua, Ratna Nur Fathimah Irakusuma, M.Hum, Dosen Sastra Jawa FIB UGM Yogyakarta, membahas “Semesta Sunan Bonang: Ajaran dan Warisan dalam Catatan.” Beliau menyajikan penelitiannya mengenai manuskrip kuno yang berkaitan dengan Sunan Bonang, memberikan perspektif baru terkait ajaran dan warisan Sunan Bonang.

Dr. Ahmad Ghozi, M.A, Dosen UIN Maliki Malang dan Peneliti Sejarah Sunan Bonang, menjadi nara sumber ketiga dengan membahas “Sunan Bonang dan Beberapa Temuan Terbaru.” Materi yang disampaikan beliau memberikan informasi terkini mengenai penelitian sejarah Sunan Bonang, memperkaya pemahaman peserta tentang tokoh tersebut.

Dengan mengusung tema yang relevan dan menghadirkan nara sumber berkualitas, Jigang Ramadhan #2 kali ini menjadi program khusus dan unik sebagai bagian dari menyemarakkan rangkaian kegiatan bulan Ramadhan PCNU Kota Malang mendatang.

LTN-NU Kota Malang

Lembaga Ta'lif wan Nasyr PCNU Kota Malang

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Periksa Juga
Close
Back to top button