EventHeadline

Tausiyah Ketua PCNU Kota Malang Dalam Pelantikan Ranting Kayutangan, Jelaskan Keterkaitan Risalah Kenabian Dengan Cara Dakwah NU

MALANG – Risalah dakwah nabi Muhammad Saw adalah rahmatan lil alamin. Selama 23 Tahun beliau berdakwah untuk menjadi rahmat bagi semesta alam. Menebar kebaikan dan tidak menyakiti lawan menjadi cara berdakwah yang jitu.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) kota Malang, KH. Dr. Isroqunnajah, M.Ag. dalam acara pelantikan pengurus ranting NU Kayutangan pada Ahad 30 Oktober 2022.

Dalam tausiyahnya, laki-laki yang akrab disapa Gus Is menjelaskan bahwa Nabi Muhammad mencintai kebaikan dan berusaha dengan keras selama 23 tahun menyampaikan kebaikan pada kita, bersemangat memberi do’a terbaik dan petunjuk kepada keimanan serta membenci jika keburukan menimpa kita, serta berusaha dengan keras agar kita jauh dari keburukan.

“Maka begitu luar biasanya kelahiran Nabi Muhammad yang merupakan menjadi rahmat bagi alam ini. Karena itulah beliau menyandang gelar sebagai Nabi Ar-Rahman, yang menjadikan beliau sangat istimewa dibanding manusia lain,” tegasnya.

Ketua PCNU kota Malang ini juga mengajak pengurus ranting Kayutangan yang hadir khususnya dan warga nahdliyin umumnya untuk meneladani Nabi Muhammad dalam meningkatkan ukhuwah Islamiyah dengan konsep persaudaraan atau hubungan antar sesama umat Islam, dan dijalani dengan dasar akidah dalam bentuk persahabatan dan kemanusiaan.

“Sebagai jamiiyah NU kita perlu meneladani Nabi Muhammad dalam menebarkan Ukhuwah,” imbuhnya.

Selanjutnya, Gus Is memerinci tiga konsep ukhuwah, yaitu ukhuwah Islamiyah (persaudaraan umat Islam), ukhuwah wathaniyah (persaudaraan bangsa), dan ukhuwah basyariyah (persaudaraan umat manusia).

“Pentingnya tanah air dapat kita lihat dari perjalanan hijrah Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah. Karwna saat itu Nabi ingin mempunyai tanah air (negara) sehingga dakwah Islam bisa berkembang dengan baik,” tukasnya.

Hadir mendampingi acara tersebut Wakil Sekretaris PCNU Sugeng Winarto, Rais MWC Klojen KH.Nur Asmari, Ketua MWC NU Ustad Damat, S. Ag, Lurah Kauman dan seluruh Pengurus Ranting Kayutangan NU.

Acara yang juga mengundang seluruh masyarakat Kayutangan dilaksanakan di depan kantor RW 02 Kayutangan. Proses pelantikan dipimpin oleh Rois MWC Klojen, KH. Nur Asnawi.

LTN-NU Kota Malang

Lembaga Ta'lif wan Nasyr PCNU Kota Malang

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button